RagaM iNFo

could be u need

  • November 2006
    M T W T F S S
    « Oct   Dec »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    27282930  
  • Visiting here

    • 8,934 hits
  • Flickr Photos

    Standing The Test Of Time

    Illawarra Rd 5

    The Conversation

    Atardecer desde la tierra de arroz. Explore 29/8/2014

    Open Water

    Closed [EXPLORE 29.08.14]

    Castaway

    More Photos

Spesifikasi Ban

Posted by ommie on November 6, 2006

Terdapat banyak informasi penting yang tercetak pada dinding-samping sebuah ban. Tercetak nama ban, ukuran, tipe tubeless atau tube type, tingkatan / level ban, batas kecepatan, batas muatan, batas tekanan angin, peringatan serta anjuran keamanan dan banyak lagi. Silahkan klik di area gambar ban untuk memahami tentang informasi ban secara detail. (dibawah gambar ban tersebut dapat anda baca secara berurutan mengenai rangkuman informasi tentang spesifikasi ban).
Tulisan di dinding-samping pada ban Passenger
Contoh : 215/65R15 89H
“215” lebar ban : adalah lebar antara dinding-samping satu ke dinding-samping lainnya dalam satuan millimeter. Pengukuran ini bisa menghasilkan ukuran yang berbeda-beda tergantung lebar rim / velg yang terpasang: akan bertambah lebar jika dipasang pada rim yang lebar, dan sebaliknya. Namun lebar yang tertulis pada dinding-samping di sebuah ban adalah di ukur dengan memasangkan rim yang lebarnya sesuai dengan rekomendasi dari pabrik pembuat ban.

“65” Aspek Rasio : adalah rasio / perbandingan antara tinggi dengan lebar penampang ban; “65” berarti tinggi ban adalah 65% dari lebar penampang ban tersebut.

“R” konstruksi : adalah bagaimana lapisan ban disusun didalam (carcass) ban. “R” berarti radial. Jika “B” berarti ban tersebut mempunyai konstruksi sabuk bias (bias belted). Jika “D” maka berarti konstruksinya adalah bias diagonal (diagonal bias).

“15” diameter rim : adalah diameter dari velg dalam satuan inci.

“89” indeks muatan : sesuai dengan standar industri ban maka ban tersebut mempunyai batas muatan sebesar 580 kilogram. Terdapat beragam tingkatan batas muatan pada ban sesuai dengan jenisnya. Batas muatan ditulis menggunakan satuan lbs. (pon) dan kg (kilogram), batas tekanan angin dalam PSI (pounds per square inch) dank kPa (kilopascals).

“H” batas kecepatan : sesuai dengan standar industri ban maka ban tersebut mempunyai batas kecepatan mencapai 210 kilometer per jam. Ada perbedaan penempatan tulisan simbol batas kecepatan seperti pada sistem Eropa yang lama yang ditulis seperti 215/65HR15. Terdapat beragam tingkatan batas kecepatan pada ban sesuai dengan jenisnya.

Tulisan “DOT” berarti ban tersebut telah memenuhi standar persyaratan dari Department of Transportation (DOT) pemerintah Amerika Serikat. Berdekatan dengan tulisan “DOT” adalah nomor seri ban, yaitu gabungan antara angka dan huruf abjad yang tersusun sampai 11 karakter.

Pada dinding-samping juga tertera tipe benang dan jumlah lapisan yang terdapat di dalam dinding samping dan telapak ban.

Tingkatan ban : sitem Uniform Tire Quality System (UTQG)
Terkecuali ban untuk salju, DOT mewajibkan pabrik pembuat ban untuk membedakan ban untuk mobil penumpang berdasarkan tiga jenis kemampuan : untuk keawetan / jarak tempuh, daya cengkeram dan daya tahan terhadap temperatur.

Jarak Tempuh Lebih dari 100 – lebih baik 100 – Normal Kurang dari 100 – kurang Tingkatan jarak tempuh / keawetan tersebut didasarkan pada pengetesan pada saat kondisi terkontrol yang diawasi oleh pemerintah (DOT) di suatu lintasan jalan khusus yang telah ditentukan. Sebuah ban dengan tingkatan 200 akan mampu mencapai dua kali lipat dibandingkan dengan sebuah ban dengan tingkatan 100 jika di test di lintasan jalan khusus tersebut. Akan tetapi pada kenyataannya bahwa keawetan ban sangatlah beragam tergantung dari sifat / cara mengemudi, jenis pemakaian mobil dan kondisi jalan. Catatan : Tingkatan jarak tempuh hanya dipakai sebagai pembanding oleh pabrik pembuat ban terhadap satu jenis produk dengan jenis produk lainnya. Tingkatan ini tidak berlaku sebagai pembanding antar pabrik pembuat ban satu dengan pabrik pembuat ban lainnya.

Daya Cengkeram
A – Terbaik B – Rata – rata C – Di terima
Tingkatan daya cengkeram adalah kemampuan pengereman di jalan basah yang dites pada kondisi terkontrol yang diawasi dan ditentukan oleh pemerintah (DOT) pada lintasan jalan khusus yang telah ditentukan. Tingkatan daya cengkeram didasarkan oleh pengetesan pengereman secara mendadak; tidak memperhatikan kemampuan dalam hal menikung.

Daya Cengkeram
A – Terbaik B – Rata – rata C – Di terima

Indek Batas Muatan & Batas Kecepatan
Tingkatan temperatur dimaksudkan adalah kekuatan ban terhadap meningkatnya panas saat dites dalam ruangan laboratorium tes ban khusus dengan kondisi yang terkontrol. Pada kondisi temperatur yang tinggi dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan berubahnya sifat bahan material ban yang kemudian dapat mengurangi keawetan ban. Pada kondisi temperatur yang sangat tinggi dapat pula menyebabkan terjadinya kerusakan ban. Peraturan pemerintah Amerika Serikat mewajibkan semua ban harus mempunyai minimum tingkatan panas Tingkat C.

Indek kecepatan adalah batas maksimum kecepatan untuk ban mobil penumpang. Pada ban Truk Kecil / Light Truck tidak dicantumkan indek kecepatannya. Berikut adalah tabel indek kecepatan dalam satuan kilometer. Sitem indek kecepatan ini digunakan oleh semua produsen ban.

Simbol Kecepatan Kecepatan Maksimum
B 50 Km/Jam
F 80 Km/Jam
G 100 Km/Jam
N 140 Km/Jam
S 180 Km/Jam
T 190 Km/Jam
U 200 Km/Jam
H 210 Km/Jam
V 240 Km/Jam
Z >240 Km/Jam

Tulisan di dinding-samping pada ban Truk Kecil / Light Truck
“LT” adalah singkatan dari Light Truck (truk kecil)
“LT235/85R16” adalah sistem ukuran pada ban Light Truck.
“LOAD RANGE D” adalah simbol batas muatan dan tekanan angin.
“RADIAL” berarti bahwa ban tersebut mempunyai konstruksi radial.
“MAX. LOAD SINGLE 2623 lbs. AT 65 psi COLD” berarti batas muatan yang diperbolehkan pada batas minimum tekanan angin yang diperbolehkan yang diukur dalam keadaan dingin / suhu ruangan ketika dipasang pada pemasangan ban ganda / dual spacing. Tulisan lainnya yang tertera di dinding samping pada ban Light Truk sama artinya seperti yang sudah dijelaskan pada ban mobil penumpang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: